Opinion

Bus Patas Jogja

Berita dari Kedaulatan Rakyat 20 April lalu, program Bus Patas Jogja akan segera diluncurkan. Milestonenya adalah 1 Desember 2007 sudah go operasional. Program ini kayak-kayaknya akan tidak jauh berbeda dengan Trans Jakarta yang sudah berjalan sekarang. Ada halte dan shelter, ada rute khusus, ada armada baru, dan sistem ticketing dengan teknologi yang lebih canggih.

Kabarnya lagi, Bus Patas Jogja akan dioperasionalkan untuk kawasan kota Jogja, kab. Sleman, dan kab. Bantul. Apresiasi saya sebagai salah satu warga Sleman tentunya menyambut baik. Apalagi saya juga pengguna setia bus kota jalur Tempel-ps.Sleman-Jombor-Cik Di Tiro. Banyak hal yang harus diperbaiki dari mulai standar pentarifan, pelayanan, hingga keamanan penumpang selama di dalam bis. Saya pikir, project ini bisa mengatasi lagu lama itu.

Baik, kembali ke rute. Pada tahap awal, Bus Patas Jogja ini mempunyai 3 rute, dengan 6 trayek. Artinya, pada setiap rute ada 2 trayek dan arahnya berlawanan. Sayangnya, 3 rute (6 trayek) yang digagas oleh Dishub tidak mendukung rute regular saya: Tempel-Cik Di Tiro. Yang paling mendekati adalah rute 2: Terminal Jombor, Jl Magelang, Jl Diponegoro, Jl P Mangkubumi, Jl Malioboro, Jl A Yani, Jl Trikora, Jl Ibu Ruswo, Jl Brigjend Katamso, Jl Kol Sugiyono, Jl Perintis Kemerdekaan, Jl Ngeksigondo, Jl Gedongkuning, Jl Kusumanegara, Jl Cendana, Jl Gayam, Jl Sutomo, Jl Yos Sudarso, Jl Wahidin, Jl Sudirman, Jl Cik Di Tiro, Jl Colombo, Jl Gejayan, Jl Ringroad Utara, Monumen Yogya Kembali, Terminal Jombor.

Tetap saja rute tersebut tidak feasible dari sisi waktu, apalagi biaya. Dari terminal Jombor hingga sampai di jl. Cik Di Tiro, harus muter-muter dulu. Bisa-bisa saya telat nyampe kantor. Tentang biaya juga sama saja, mahal. Apalagi kalau saya mempunyai tiket terusan yang polanya time-based. Mtw.

Anyway, sukses buat Jogja dan project Bus Patas nya. Sebuah breakthrough nih. Saya doakan agar Alloh memudahkan semua pihak yang terlibat sehingga milestone 1 Desember 2007 bisa tercapai. Semoga ini adalah sesuatu yang baik dan memberikan manfaat bagi warga Jogja.

Advertisements

7 thoughts on “Bus Patas Jogja

  1. Rute nya gak bisa diperluas lagi ya??? And pengambilan keputusan rute seperti itu apa sudah memikirkan area2 mana saja yg benar2 membutuhkan angkutan umum bus???

  2. Wah sayangna kita udah cabs dari sana baru ada transjogja. 😀 Btw kok ga ada kata ‘Gamatechno’ ya di sini? Kan gt yang buat smatkartnya? cmiiw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.